Selamat mencari informasi menarik dari blog saya

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus

Posted by Unknown Sunday, May 12, 2013 0 comments
Kualitas Sumber daya manusia didunia ini menjadi kriteria penting dalam menjajaki dunia berwirausaha. Perusahaan tidak akan terbentuk besar begitu saja tanpa adanya anggota, modal, kerjasama dan tujuan bersama yang ingin dicapai. Gelar Sarjana saja belum tentu menjadi kriteria kesuksesan masa depan hidupnya, banyak mahasiswa yang setelah menyelesaikan kuliahnya dan menyandang gelar sarjana menjadi pengangguran tulen. Pemerintah memang sudah membuat Sekolah Menengah Kejuruan yang didalamnya ditanamkan nilai sikap jiwa entrepreneurship kepada siswa/I nya. Tapi mengapa masih banyak saja hal seperti itu kita temui. Hal itu bisa kita tinjau dari SDM nya itu sendiri.                          

Menjadi pengangguran bukan merupakan suatu pilihan, kita harus mensetting ulang pola berpikir kita karena sistem operasi di dunia ini sungguh dinamis. Di era global ini, menjadi pintar bukanlah suatu hal yang menjadi hal yang utama, sekilas kita bisa memperhatikan kehidupan pinggiran jalan. Mereka membuka usaha kecil-kecilan dan tak jarang kita jumpai usaha yang dulu hanya sebatas 3x4 m2 bisa menjadi 10x19 m2 bahkan melebihi luas lapangan bola sekalipun. Dalam hati kita pasti bertanya, hal istimewa apa yang mereka perbuat sehingga bisa menjadi besar seperti itu. Mahasiswa sekarang ini harus lebih kritis dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship dilingkungan kampus tempat mahasiswa belajar,  kebanyakan dapat kita jumpai dalam seminar, workshop, ataupun forum organisasi yang menyajikan materi yang berhubungan dengan berbisnis berwirausaha. Jangan pernah anda menyepelekan hal tersebut, mahasiswa harus lebih aktif dalam mencari informasi dan mencoba menerapkannya dalam kehidupan mereka sendiri.

Internet sudah menyajikan berbagai layanan yang dapat anda kembangkan dalam berbisnis, lalu tinggal andalah yang mengolahnya dengan tujuan untuk berwirausaha, ini dapat kita jumpai dalam bisnis jual/beli online yang sedang menjadi trend dari tahun ke tahun. Facebook, Twitter, dan aplikasi messanger lainnya dapat menjadi wadah promosi yang dapat kita terapkan jika kita ingin berbisnis online. Jika anda lemah dalam dunia internet, anda masih punya cara lain, seperti membuka usaha kecil-kecilan bersama dengan teman anda untuk meringankan modal yang dibutuhkan. Contohnya membuka warung makan dirumah anda di luar aktivitas kuliah sehingga tidak menggangu sistem yang sudah berjalan diperkuliahan anda, atau jika anda ingin berwirausaha sendiri tanpa teman masih ada sarana lain seperti jualan pulsa elektrik, ataupun menawarkan produk katalog dari perusahaan yang anda ikuti seperti Oriflame.

                Hal yang harus kita sadari adalah anda sudah melabelkan pada diri anda sebagai mahasiswa, jadi jangan pernah menyerah ketika gagal, tetaplah belajar dan mau bekerja keras untuk memperbaiki kesalahan, selagi anda masih bernafas tekadkanlah dalam diri anda sendiri ” dengan jiwa entrepreneurship sangat banyak jalan menuju kesuksesan” tinggal anda yang menentukannya.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Online Visitor

bloggersumut.net

Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Statistik Pengunjung

Sahabat Erixon

Site Info



Flag Counter